Berbagi Ilmu

Ada kisah cerita inspirasi mengenai "Ilmu Bertani". Saya bukan menceritakan bagaimana cara bertani agar bisa mendapat hasil yang banyak, melainkan menggambarkan bagaimana kita berbagi ilmu dari ilustrasi dua orang yang jago bertani, yang satu tanpa pamrih mau berbagi keahliannya, yang lainnya tak mau berbagi karena merasa ilmu itu terlalu mahal untuk dibagikan.

Perbedaan ini berpengaruh pada hari tua mereka. Petani yang tak mau berbagi ilmu, harus bertani sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bahkan di saat hari tua menjemputnya. Sedangkan petani yang murah hati, tanpa bertani pun ia bisa mendapatkan sayuran, buah-buahan yang berlimpah sebagai "hadiah" dari para murid-muridnya yang berhutang budi padanya.

Dalam keseharian kita akan dengan mudah menemukan dua tipe orang seperti itu. Keduanya merupakan bagian dari karakter manusia yang sangat umum.

Ilmu bisa didapat dari mana saja, dariguru, orangtua, buku, majalah, para ahli, dan alam sekitar.Sekarang, di mana zaman makin modern, ada sumber lain tempat berburu ilmu, yaitu internet. Fasilitas ini ibarat perpustakaan yang tak ada batasnya. Karena makin beragamnya sumber ilmu, tak ada alasan lagi untuk tidak belajar. Kita bisa menemukan segala ilmu dari sana dan mempelajarinya secara otodidak sampai menjadi ahli.

Jika kita sudah cukup ahli, maukah berbagi ilmu dengan sesama?

Harta ilmu berbeda dengan harta benda. Jika kita berbagi harta benda, jumlah kekayaan kita akan berkurang sesuai dengan jumlah harta yang kita berikan. Harta ilmu tidak demikian. Ilmu yang kita berikan pada orang lain tak membuat ilmu kita berkurang. Ilmu yang kita bagikan ibarat nyala api dalam lilin. Walaupun memberikan api kepada lilin-lilin yang lain, lilin itu tidak berkurang sinarnya.

Maka, berbahagialah mereka yang mau berbagi ilmu tanpa mengharapkan balasan karena sesungguhnya hukum alam selalu memberi imbalan atas setiap perbuatan tanpa perlu kita memintanya. Maka pada saat kita mempunyai kesempatan untuk memberi, berilah! Karena dari sisi lain kita pasti akan mendapatkan sesuatu bahkan di luar dugaan kita.

3 komentar:

Ricky mengatakan...

Memang kita wajib berbagi ilmu, disamping mendapat pahala kita juga mendapat teman dan rejeki yang tak diduga kemudian hari

pakningbertuah mengatakan...

yang pasti....kita bisa berbagi.

Misu Blog mengatakan...

Blog yang bagusss..

Posting Komentar